3 Pertanyaan Interview Tahap Akhir Wawancara Kerja

3 Pertanyaan Interview Tahap Akhir Wawancara Kerja

Untuk para pencarai kerja yang akan interview tahap akhir mungkin bertanya-tanya kira-kira apa saja pertanyaan tahap akhir. Kali ini admin akan memberikan bocoran sedikit pertanyaan interview tahap akhir wawancara kerja. Biasanya wawancaranya langsung dengan direksi. Wawancara direksi atau wawancara akhir dalam mencari karyawan baru selalu  memiliki cara-cara kreatif untuk mencari tahu apakah karyawan ini sesuai atau tidak untuk perusahaannya. Dilansir dari Businessinsider.com, Kamis (28/5/2015), dalam sebuah wawancara bersama Lori Senecal yang merupakan CEO dari MDC Partner Network dan CEO dari biro iklan CP+B, ada 3 hal yang dicari dari setiap calon karyawan.
Lori Senecal, CEO dari MDC Partner Network dan CEO dari biro iklan CP+B di Amerika
Berdasarkan penuturan Lori, 3 pertanyaan yang menjadi kriteria pemilihan karyawan saat wawancara direksi adalah sebagai berikut.

1. Mampu Menciptakan Ide
Pertanyaan pertama adalah apakah Anda pernah menciptakan sesuatu? Pertanyaan ini diajukan kepada pencari kerja untuk menemukan apakah mereka terlihat dapat menciptakan sebuah ide atau tidak. Dengan pertanyaan seperti ini bukan berarti Anda harus telah menciptakan sebuah robot yang dapat memasak atau sebagainya. Namun, pertanyaan ini diajukan guna melihat apakah calon karyawan memiliki pola pikir untuk menciptakan sesuatu dan dapat menemukan solusi dengan cepat dan baik.

2. Kemampuan dan keinginan Untuk Berkolaborasi
Untuk mencari tahu apakah pencari kerja memiliki kemampuan dan keinginan untuk berkolaborasi atau bekerja dalam tim, CEO akan memberikan pertanyaan seperti ini, "Bicaralah padaku tentang salah satu prestasi terbesar Anda". Kemudian CEO akan mendengarkan cerita Anda, dan melihat dari perspektif apakah Anda menggunakan prestasi "aku" atau prestasi "kami".

3. Mendeteksi Semangat dan Komitmen
CEO akan melihat keberanian, semangat dan komitmen pencari kerja melalui pertanyaan ini, "Ceritakan tentang saat-saat Anda benar-benar harus mengorbankan semuanya untuk mencapai hal yang lebih besar dan baik dalam pekerjaan". Ini akan menggambarkan apakah mereka bersedia mengambil tindakan berani untuk mendapatkan misi terbaik perusahaan. Jadi, persiapkan diri Anda sebelum melakukan wawancara direksi.
Itulah 3 pertanyaan akhir interview kerja. Semoga memberikan gambaran bagi anda yang sedang mencari tahu seperti apa jenis pertanyaan akhir. Selanjutnya anda bisa membaca artikel yang lainnya mengenai contoh pertanyaan yang sering muncul ketika interview serta anda bisa membaca contoh soal psikotes serta tips lulus psikotes dan interview.

Share This :