Pertanyaan Interview Kerja (UMUM)

Pertanyaan Interview Kerja (UMUM)

Bagi anda yang baru saja mendapatkan panggilan interview kerja tentunya anda penasaran apa saja sih pertanyaan yang biasanya sering ditanyakan oleh pewawancara (Interviewer). Untuk itu tentunya anda perlu persiapan yang matang sebelum melaksanakan interview dan pastikan anda membaca tips lulus interview selain itu anda perlu mencari tahu pertanyaan apa sajakah yang sering muncul saat interview. Kali ini admin akan memberitahukan sedikit bocoran contoh pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ditanyakan ketika interview berlangsung. Silahkan and abaca baik-baik pertanyaan interview berikut ini.
1. Tolong ceritakan mengenai diri anda.
Jika mendapat pertanyaan seperti ini, jawablah dengan rumus: Present-Past-Future. Jadi anda perlu menceritakan mengenai anda saat ini, lalu apa yang anda lakukan di masa lalu, dan apa rencana anda setelah diterima nantinya.
Contoh jawaban yang baik dari pertanyaan ini adalah:
"saya Muhammad faisal usia 25 tahun, saya lulusan dari Universitas Indonesia jurusan Tekhnik Informatika. saya pernah bekerja di bidang social media marketing selama 2 tahun. Dalam pekerjaan terakhir, saya memimpin divisi ini dengan tim sebanyak 4 orang. Saya sendiri memiliki kemampuan komunikasi pemasaran digital yang sangat baik dan kemampuan antarpersonal, dan itulah yang memungkinkan saya bekerja dibidang social media marketing ini. Saya sendiri memiliki latar belakang di beberapa perusahaan besar dan kecil. Selain komunikasi pemasaran digital juga memiliki wawasan dibidang media sosial yang up to date."
2. Mengapa anda memutuskan untuk resign dari pekerjaan terdahulu?
“Saya mencari kesempatan yang lebih baik sekaligus mengembangkan keahlian saya perusahaan memang telah banyak berubah dari saat saya memulai bekerja pada hari pertama. Perubahan yang memang membuat posisi saya semakin sulit ini dan membuat saya tidak bisa mengembangkan diri akhirnya membuat saya harus mau tak mau memutuskan untuk keluar, sebuah keputusan yang tidak terpikirkan sebelumnya."
3. Apa kekuatan terbesarmu?
“Saya belajar dengan cepat dan bisa bekerja dengan baik di dalam team maupun individu.”
4. Bagaimana latar belakang pendidikan telah mendukung karir anda?
“Pendidikan saya tidak hanya fokus pada teori saja, tapi juga praktek-praktek yang bisa diterapkan berdasarkan teori-teori tersebut sehingga dengan praktek langsung memberikan pengalaman berharga yang tak terlupakan dan memiliki wawasan yang lebih luas dibandingkan dengan hanya mempelajari teorinya saja.” 
5. Mengapa kami harus menerima anda?
“Jika saya diterima, itu akan menjadi kesempatan berharga untuk menunjukkan keahlian saya. Apapun tantangannya, saya akan memastikan saya akan bisa menaklukkannya sesuai dengan waktu yang ditentukan dan saya akan memberikan yang terbaik untuk memajukan perusahaan ini agar perusahaan ini puas dengan hasil kinerja saya.”
6. Pernahkah anda mengalami konflik dengan atasanmu?
“Pernah. Seringkali memang ada ketidaksetujuan yang perlu diselesaikan. Saya menyadari bahwa konflik akan membantu saya untuk memahami perspektif orang lain. Dengan sedikit kesabaran dan waktu, saya akan mendengar sudut pandang mereka dan mengajukan solusi yang menguntungkan untuk kedua belah pihak karena konflik mengajarkan kita tentang kesabaran dan cara mengatasi atau mencari solusi terbaik untuk mengatasi konflik tersebut selain itu mencari upaya pencegahan agar tidak terjadi konflik yang serupa dimasa yang akan datang”
7. Apakah anda merasa sudah sukses?
“Ya. Saya merasa sukses ketika saya mampu membuat orang-orang disekitar saya tersenyum dan ketika saya banyak dikelilingi orang-orang baik. Mereka adalah keluarga, sahabat atau kolega yang sudah menemani perjalanan hidup saya sampai sejauh ini.”
8. Seandainya anda diterima, kira-kira sampai kapan anda mau bekerja di perusahaan ini?
“Sepanjang saya merasa tertantang secara professional dan saya yakin perusahaan ini akan memberikan posisi pekerjaan yang terbaik sesuai dengan keahlian saya”
9. Apa yang anda tidak suka dari kolega anda?
“Saya percaya team work. Kalau ada yang membuat saya tidak suka, saya akan menghindarinya, kecuali itu mengganggu saya secara pribadi.”
10. Bagaimana cara anda bekerja di bawah tekanan?
“Tetap tenang. Saya pikir yang akan membantu saya di situasi seperti itu adalah kesabaran dan juga kemampuan untuk multi tasking.”
11. Bagaimana anda melihat diri anda dalam lima tahun ke depan?
“Saya melihat diri saya menduduki jabatan senior, mengelola portfolio penting di perusahaan ini dan saya akan terus berusaha meningkatkan kinerja saya serta mempelajari tugas dan tanggung jawab senior agar suatu hari nanti sayapun bisa menduduki jabatan senior diperusahaan ini”
12. Apa yang anda harapkan dari pekerjaan ini?
“Saya bisa berkembang secara profesional dan memiliki masa depan yang cerah.”
13. Apa kelemahan terbesarmu?
“Saya hanya bisa konsentrasi untuk satu hal pada satu waktu.”
14. Selain di perusahaan kami, di perusahaan mana lagi anda mengikuti interview?
Jika mendapat pertanyaan seperti ini, artinya interviewer tertarik untuk menerima anda dan ingin mengetahui “kompetisi” untuk mendapatkan anda. Contoh jawaban: “Saya telah melamar di beberapa perusahaan IT dimana saya dapat menggunakan keahlian saya untuk menganalisis kebutuhan klien untuk menemukan solusi bagi masalah teknologi yang mereka hadapi.”
15. Apakah anda pertanyaan untuk kami?
Kapan saya bisa mulai bergabung? Dan bagaimana deskripsi pekerjaan yang nantinya harus dijalani atau apa saja budaya kerja di perusahaan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa daftar atau contoh pertanyaan yang sering kali muncul ketika interview kerja. Jangan ragu untuk terus berusaha dan memperbaiki jawaban diatas yang menurut anda lebih sesuai dengan pengalaman dan kepribadian anda. Semoga berhasil dan semangat selalu demi mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi.

Share This :