Tips Mengerjakan Soal Psikotes

Tips Mengerjakan Soal Psikotes

Psikotes berasal dari dua kata yaitu physico (mental fisik) dan test (tes/ujian) yang berarti suatu metode untuk memperoleh hasil kontrol psikologi dari yang menjalani tes dengan menggunakan alat atau sistem berkategori khusus yang hanya bisa dijalankan oleh orang yang memang ahli di bidang psikotes serta mengerti betul perihal watak/sikap seseorang yang dilihat dari sisi intelijen (kecerdasan), interest (ketertarikan), attitude (sikap), serta personality (kepribadian). Tes psikotes bertujuan untuk mengukur aspek psikologi seseorang.

Soal psikotes terdiri dari tes logika gambar (soal logika psikotes), tes logika penalaran, psikotes deret gambar (tes deret gambar), tes mencocokan gambar, soal aritmatika psikotes dan lain-lain. Bisa dibilang hampir semua lapangan pekerjaan seyogyanya wajib menjalani psikotes agar calon pekerja/karyawan yang direkrut memang sesuai dengan posisinya. Lihat saja tes psikotes Indomaret, untuk “berjualan” saja perlu psikotest, apalagi pekerjaan yang berhubungan dengan nyawa manusia (apoteker, dokter, bidan, tenaga kesehatan lain, polisi, tentara dll).
Psikotes berbeda dengan TPA (tes potensi akademik) di mana TPA lebih condong melihat “kepintaran” otak sedangkan psikotes lebih kepada sikap atau cara diri menyelesaikan suatu masalah. Sehingga jangan heran jika ada rekan yang dulu sekolah tidak terlihat “pintar” namun bisa lulus dalam psikotes.
Sebelum masuk ke contoh soal psikotes, kami akan mencoba menuliskan tips jitu dalam mengerjakan soal-soal psikotes agar lolos seleksi dan dapat diterima pada perusahaan yang anda inginkan, tips cara mengerjakan psikotes di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tips mengerjakan soal Psikotes yang pertanya yaitu dengan istirahat yang cukup sebelum mengikuti psikotes. Sebelum melaksanakan psikotes anda sebaiknya jangan begadang dan Paginya usahakan untuk sarapan agar rasa lapar tidak menganggu konsentrasi Anda dan anda bisa fokus pada soal psikotes. Intinya, Anda kudu sehat fisik & mental dalam menjalani/menjawab soal psikotes karena tes psikotes memerlukan konsentrasi yang tinggi.

2. Tips mengerjakan soal Psikotes yang kedua yaitu Biasakan otak anda agar terlatih menjawab soal psikotes dengan mencoba menjawab contoh soal yang banyak beredar di internet atau bisa juga melalui buku (yang dijual di gramedia) Pelajari konsep setiap soal dengan baik dan temukan “maksud” yang terdalam dari yang terdalam. Bertanya kepada rekan yang pernah ikut psikotes juga bisa memberi gambaran bagaimana tes psikologi ini sebenarnya.

3. Tips mengerjakan soal Psikotes yang ketiga yaitu baca dan dengarkan dengan seksama perintah atau instruksi setiap soal. Biasanya ada sedikit contoh soal psikotes yang nanti diberikan. Instruksi yang ada jangan diabaikan karena jawaban soal nanti tergantung instruksi/perintahnya. Sebagai contoh, dalam soal drawing (menggambar), jika ada instruksi JANGAN menggambar pohon beringin atau pohon kelapa; ya jangan digambar kedua pohon tersebut meskipun Anda penggemar pohon beringin atau pohon kelapa.

4. Tips mengerjakan soal Psikotes yang keempat yaitu Tuliskan dengan JELAS nama di kolom nama agar tes Anda tidak tertukar karena identitas diri menentukan anda masuk ke tahap berikutnya atau tidak.

5. Tips mengerjakan soal Psikotes yang kelima yaitu perhatikan waktu pengerjaan karena psikotes ini biasanya dibatasi oleh waktu tertentu untuk setiap sub bagian soal. Jangan sampai terlambat, jangan juga terburu-buru. Proporsional saja. Dan kalau bisa, semua soal psikotes bisa terjawab dan sebaiknya kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu agar anda dapat menggunakan waktu seefektif mungkin.

 6. Tips mengerjakan soal Psikotes yang keenam yaitu jika nanti masih ada sisa waktu, sedangkan Anda sudah menyelesaikan seluruh jawaban maka tidak ada salahnya Anda mencoba mengulang atau melihat-lihat soal sebelumnya, siapa tahu ada yang perlu dikoreksi. Hal ini hanya bisa dilakukan pada psikotes manual. Kalau soal psikotes dengan menggunakan sistem komputer umumnya tidak bisa diulang lagi apa yang telah dijawab.


Itulah 6 Tips mengerjakan soal Psikotes yang dapat kami sampaikan. semoga dengan artikel ini dapat memberikan gambaran dalam mengerjakan soal psikotes. Silahkan baca artikel selanjutnya tentang contoh soal-soal psikotes beserta jawabannya sehingga anda bisa lebih siap dan memiliki pengetahuan dasar mengenai soal tes psikotes.

Semoga bermanfaat Klik Disini Untuk melihat Tips dan Contoh Tes Psikotes lainnya.
Share This :